Tuhan Tidak Pernah Ingkar Janji (16 Des 2021)

TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah. Yosua 2: 11
16 December 2021

TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah. Yosua 2: 11

Yesus berkata: Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Matius 28: 20

Sangat disayangkan bahwa dalam kehidupan pada masa sekarang ini sangat banyak orang bercerai. Entah karena alasan kurang harmonis, tidak cocok, isu perselingkuhan dan banyak alasan lainnya. Jika dibayangkan, kita melihat betapa mudahnya seseorang untuk melupakan janji yang pernah diucapkan. Padahal, dalam janji pernikahan, seringkali diucapkan: “aku mencintai dan mengasih engkau dalam suka-duka, sakit-sehat, susah atau senang, sampai maut memisahkan.” Janji ini mengandung makna bahwa sepasang suami istri akan tetap bersama apa pun keadaan kehidupan yang mereka hadapi.

Ketika Yosua diperintahkan Tuhan untuk menggantikan Musa menuntun orang Israel masuk ke Tanah Kanaan, tanah perjanjian, sebelum mereka masuk, Yosua memerintahkan beberapa pengintai mencari informasi tentang negeri itu. Namun sayangnya, para pengintai ini ketahuan dan dikejar prajurit Kanaan. Tetapi Tuhan menolong para pengintai itu, dengan menyediakan Rahab, seorang perempuan sundal . Ketika para pengintai itu hendak pergi, maka berjanjilah mereka bahwa bangsa Israel akan tetap membiarkan Rahab dan keluarganya hidup karena telah menyelamatkan para pengintai itu. Dan benar saja, ketika Tuhan menyerahkan kota itu, Rahab dan keluarganya tidak ikut ditumpas. Para pengintai menunjukkan bahwa mereka setia dengan janji mereka sama seperti TUHAN yang setia kepada janji-Nya untuk menyerahkan Negeri itu kepada Israel. Gambaran para pengintai itu menunjukkan bagaimana seharusnya orang yang percaya kepada Tuhan bersikap, ketika mereka sudah mengucapkan janji, maka mereka harus menepati itu apa pun yang terjadi. Sama seperti Tuhan, ketia Ia telah berjanji, maka tidak akan pernah Tuhan ingkar akan janji itu.

Bukan hanya setia terhadap janji-Nya, Tuhan juga adalah Pribadi yang luar biasa yang juga akan memberi penyertaan kepada mereka yang setia dan berbuat kebaikan dalam hidupnya, terlebih kepada mereka yang bekerja untuk kemuliaan nama Tuhan. Para murid, ketika Tuhan Yesus akan terangkat ke Sorga, diberikan penguatan dan keteguhan oleh janji yang Yesus ucapkan. Janji penyertaan, adalah sebuah janji yang luar biasa, dimana janji itu memberi mereka pemahaman dan pengertian bahwa Tuhan akan senantiasa ada bersama dengan mereka dalam apapun keadaan hidup yang mereka hadapi. Baik itu dalam derita, penjara, kesusahan dan semua keadaan lainnya, Tuhan tidak akan meninggalkan mereka. Sama seperti para pengintai menunjukkan kesetiaan terhadap janji mereka kepada Rahab, Tuhan bahkan lebih dari itu akan menunjukkan bukti janji-Nya dalam kehidupan setiap orang yang percaya kepada-Nya. (DEAP)

Bacaan Alkitab: Matius 11: (7-10) 11–15; Zakharia 11: 4–17

Doa: Engkau tidak pernah ingkar terhadap janji-Mu ya Tuhan,berilah kami kemampuan untuk meneladani kasih dan kestiaan-Mu, sehingga nama-Mu semakin dipermuliakan melalui kami. Amin!