Tuhan Telah Menghapus Air Mataku (24 Feb 2022)

Ia (Tuhan) akan menghapus air mata dari setiap wajah, dan menjauhkan kehinaan yang ditanggung umat-Nya di seluruh bumi. Yesaya 25: 8 (BIS)
24 February 2022

Ia (Tuhan) akan menghapus air mata dari setiap wajah, dan menjauhkan kehinaan yang ditanggung umat-Nya di seluruh bumi. Yesaya 25: 8 (BIS)

Ia bersumpah kepada Abraham bapak kita, dan berjanji untuk menyelamatkan kita dari musuh kita, supaya kita tanpa takut melayani Dia. Lukas 1: 73-74 (BIS)

Seandainya saat ini saudara sedang menangis oleh karena suatu aib yang sangat menyesakkan hati dan saudara berada dalam keputusasaan. Lalu tiba-tiba datang seseorang yang menghapus air mata saudara dan memeluk saudara dengan kasih. Apa yang saudara rasakan? Tentu kita akan merasa semua beban kita hilang. Kita seperti mendapat kekuatan baru, tidak merasa sendirian memikul beban itu, dan pastinya kita akan kembali memiliki harapan.

Dalam dua nats firman Tuhan hari ini kita melihat bahwa nabi Yesaya dan imam Zakharia (ayah Yohanes Pembaptis) sama-sama sedang mengucap syukur kapada Allah yang melimpah akan kasih dan rahmat. Nabi Yesaya bernubuat tetang kerajaan dan keselamatan yang akan datang setelah Kristus datang kembali. Di dalam kerajan Allah yang akan datang itu tidak akan ada kesedihan, kesusahan, dan kematian seperti di bumi. Seperti orang tua yang penuh kasih, demikian Allah menghapus air mata dari mata anakanakNya sehingga tidak ada lagi kesedihan dan kesusahan. Demikian juga imam Zakharia menumpahkan perasaan sukacita sebab Tuhan telah menghapus air matanya oleh karena tidak memiliki keturunan. Tetapi dalam masa tuanya ia merasakan kasih karunia Tuhan dan penggenapan janji kepada nenek moyangnya (Abraham) melalui kelahiran Yohanes pembaptis.

Firman Tuhan hari ini sungguh menguatkan kita sebagai orang-orang yang sedang menanggung aib akibat dosa. Mungkin kita juga telah sangat berputus asa karena beban hidup yang berat serta menangis akibat kesusahan dan ketakutan karena bayang-bayang maut. Tetapi syukur kepada Allah karena Dia berkenan menghapus air mata kita, sehingga di dalam Dia tidak ada lagi kesedihan dan kesusahan. Karena kasihNya yang besar kini kita memiliki pengharapan baru. Ia telah menggenapi janjiNya untuk menyelamatkan umat manusia, bukan berdasarkan kebaikan kita tetapi hanya kerena kasih karuniaNya yang melimpah-limpah. Kasih Allah dinyatakan dengan mengorbankan Putra Tunggalnya yaitu Yesus Kristus untuk menjadi korban penebusan dosa-dosa manusia. Dengan demikian kita memiliki pengharapan akan keselamatan kekal dan juga diberi keberanian untuk melayaniNya. Kasih Allah Bapa yang selalu kita rasakan dalam segala keadaan seharusnya membuat kita semakin dekat denganNya. Saudara, Tuhan sudah menghapus setiap air mata kita akibat dosa, maka sekarang layanilah Dia dengan sukacita. (A3P)

Bacaan Alkitab: 1 Tesalonika 1; 2-10; Efesus 5: 15-20

Doa: Ya Allah, terima kasih karena Engkau telah menghapus air mataku, melepaskanku dari aib dosa, dan membebaskanku dari maut. Tolongkah kami yang lemah ini agar selalu kuat dalam iman dan setia melayaniMu. Amin