Tuhan Punya Rencana (14 Jan 2022)

TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita. Mazmur 126: 3
14 January 2022

TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita. Mazmur 126: 3

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Efesus 1: 3

Tidak pernah terbayangkan bahwa pelayanan pertama sebagai seorang pendeta adalah menghantar orang yang paling dikasihi pada peristirahatan terakhirnya. Namun melalui peristiwa itu saya tahu bahwa ada satu kekuatan besar sedang menopang kehidupan saya. Hari ini, peristiwa itu diteguhkan kembali melalui pengakuan Pemazmur yang hendak menunjukkan bahwa ratap tangis dan airmata tidaklah selamanya. Karena Allah sanggup memberikan yang terbaik melalui setiap tragedi yang terjadi. Rasul Paulus juga memberi nasehat bahwa umat Tuhan patut berbahagia dan bersukacita, karena mereka diberikan kekayaan yang tidak ada habisnya. Dengan kata lain, segala hal yang dibutuhkan terkait damai sejahtera, kemenangan, kelimpahan, bahkan hidup kekal bersama Dia di sorga, sudah tersedia bagi umat pilihan Tuhan.

Kita semua pasti pernah berada dalam titik terendah kehidupan. Kesedihan melanda, penuh ketakukan dan kekhawatiran, bahkan hingga bertanya-tanya tentang maksud Tuhan dalam kehidupan kita. Kalau sampai hari ini kita masih dimampukan untuk berdiri dan menjalani hari-hari, itu semua karena Tuhan telah melimpahkan kekuatanNya untuk menopang kehidupan kita. Memang benar bahwa kita mengalami pergumulan, tetapi juga benar bahwa kita dimampukan untuk melewatinya. Terpuruk adalah keadaan yang wajar, karena sebagai manusia kita lemah dan terbatas. Namun ingatlah, bahwa kita adalah anak-anak yang dipilih Tuhan. Sebagai anak-anak pilihan, Tuhan selalu melakukan perkara-perkara yang hebat dalam kehidupan kita. Ingatlah bahwa pencobaan-pencobaan yang kita alami tidak akan pernah melampaui batas kekuatan kita.

Ketika kita menghadapi suatu situasi sulit dan mengalami sendiri bahwa Allah turut berkerja di dalamnya. Ingatlah terus pengalaman iman tersebut yang akan sangat menolong kita ketika menghadapi situasi sulit yang berikutnya. Kita mungkin tidak tahu bagaimana cara Allah membawa kita melewati situasi-situasi tersebut, tetapi kebaikanNya di masa lalu memampukan kita untuk percaya bahwa Dia akan kembali menolong kita.Percayalah bahwa Tuhan punya rencana, dan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk kehidupan kita. (AS)

Bacaan Alkitab: Lukas 12: 49-53; Yosua 1: 1-18

Doa: Kekuatan dalam hidup kami berasal dari padaMu, ya Tuhan. Maka ajarlah kami untuk selalu dekat dan mengandalkan Engkau. Amin