Tidak Ada Yang Tersembunyi (10 Jan 2022)

Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa (dosa) yang tidak kusadari. Mazmur 19:13
10 January 2022

Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa (dosa) yang tidak kusadari. Mazmur 19:13

Tuhan yang akan membuka semua rahasia-rahasia yang tersembunyi dalam kegelapan. Ialah yang akan membongkar semua niat yang terpendam di dalam hati manusia. Pada waktu itu barulah setiap orang menerima dari Allah pujian yang patut diterimanya. 1 Korintus 4: 5 (BIS)

Tiada yang tersembunyi dari pandangan Allah. Inilah yang menjadi keyakinan Paulus ketika mendapati bahwa apa yang telah diperjuangkannya dalam kehidupan jemaat di Korintus ternyata tidak berjalan dengan baik. Terjadi perpecahan dan perselisihan di tengah jemaat, seorang akan yang lain saling menghakimi dan menyombongkan diri. Banyak orang meragukan bahkan tidak mempercayai apa yang diwartakan Paulus. Tetapi ia dengan tegas mengatakan bahwa Tuhanlah yang akan menerangi apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia jugalah yang akan memperlihatkan apa yang terencana dalam hati manusia.

Ada banyak prasangka yang kita temukan dalam kehidupan sesehari. Prasangka adalah anggapan tanpa bukti, yang diyakini sebagai kebenaran. Meminjam istilah pemazmur, prasangka adalah “kesesatan yang tidak disadari”. Ketika kita mengatakan dan melakukan kebenaran, mungkin saja ada orang-orang yang berprasangka buruk terhadap kita. Seringkali inilah yang kemudian menjadi penghambat bagi kita untuk melangkah. Namun ingatlah bahwa ada satu kuasa yang mampu mengungkapkan semuanya itu. Sebaliknya, Ia jugalah yang akan menyingkapkan apakah kita benarbenar hidup bagi Dia. Dengan kata lain, Tuhan mengetahui ketika kita tidak tulus melakukan perintahNya, ataupun ketika kita sungguh-sungguh belajar untuk melakukan kehendakNya.

Semua yang terjadi dalam kehidupan ini, tidak ada satupun peristiwa yang kita alami tanpa sepengetahuan Tuhan. Pertanyaannya, adakah dosa yang masih belum kita selesaikan di hadapan Tuhan? Ingatlah bahwa hati dan pikiranmu tidak ada yang tersembunyi bagi Allah. (AS)

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 10: 37-48; Yohanes 3: 22-36

Doa: Tuhan, tolonglah kami untuk semakin memperjuangkan hidup kudus di hadapanMu, agar janji-janjiMu semakin nyata dalam hidup kami. Amin