Tiada Yang Seperti Engkau (13 Jan 2022)

Biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu selalu berkata: “Allah itu besar!” Mazmur 70: 5
13 January 2022

Biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu selalu berkata: “Allah itu besar!” Mazmur 70: 5

Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus, sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah. Roma 15: 5-6

Sebuah lagu indah yang dinyanyikan oleh Sari Simorangkir, penggalan lirik lagunya demikian, “Tiada yang seperti Engkau, begitu mengasihiku.” Dan memang demikianlah adanya. Tidak ada yang mampu menandingi kasih dan kesetiaan Allah kepada umatNya. Itulah juga yang menjadi pengakuan Pemazmur di tengah seruannya memohon Allah segera menyelamatkannya dari maut. Pemazmur sangat yakin bahwa Allah tidak akan mengecewakan orang yang sungguh-sungguh mencari dan berharap kepadaNya. Hal serupa juga dilakukan Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma. Paulus menyatakan harapannya agar Allah mengaruniakan kerukunan kepada mereka. Jelas disini bahwa kasih itu bukan berasal dari manusia, melainkan dari Allah sendiri. Sebagai manusia kita tidak mampu mengasihi Tuhan dan sesama jika Allah tidak terlebih dulu menyatakan kasihNya kepada kita.

Dalam perjalanan kehidupan sampai hari ini, kita seringkali diperhadapkan dengan situasi yang menekan. Masalah dan pergumulan membuat kita seolah tiada harapan. Kasih kita kepada sesama menjadi semu oleh karena perdebatan dan perselisihan yang terjadi. Tidak gampang memang untuk bersabar ditengah tekanan. Tetapi di saat-saat seperti itulah sesungguhnya kita bisa mengalami proses pembentukan menjadi pribadi yang lebih kuat, tahan uji, dan dewasa. Maka, ditengah situasi yang demikian, apakah pengakuan bahwa tiada yang seperti Tuhan juga selalu ada dalam kehidupan kita?

Firman Tuhan hari ini menolong kita untuk sekali lagi bersyukur dan bersukacita karena kita memiliki Allah yang besar. Bukankah Dia yang seringkali melepaskan kita dari berbagai persoalan? Bukankah Dia juga yang sanggup menjawab setiap seru doa kita? Jangan pernah ragukan Dia. Karena Tiada allah yang seperti Allah kita. (AS)

Bacaan Alkitab: Efesus 1: 3-10; Yohanes 4: 43-54

Doa: Sungguh tiada kasih yang dapat melebihi kasihMu ya Allah. Tolonglah kami untuk selalu bersyukur dan mengandalkan Engkau setiap waktu. Amin