Tahan Banting (14 Okt 2021)

Matius 27: 59-61
14 October 2021

Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya. Mazmur 146: 5

Kalau kalian bertahan dan sabar, kalian akan selamat. Lukas 21: 19 (BIS)

Setiap manusia pasti memiliki pergumulan dan permasalahan hidup yang berbedabeda. Setiap manusia juga memiliki kelemahannya masing-masing, sebab tidak ada satu pun manusia yang sempurna. Walaupun demikian, tidak memungkiri bahwa manusia tetap harus menjalani kehidupannya, apapun yang terjadi. Di sisi lain, manusia juga memerlukan pegangan yang kuat dan kokoh sebagai motivasi hidupnya, supaya dalam keadaan apapun manusia bisa bertahan.

Pemazmur mengungkapkan bahwa berbahagialah setiap manusia yang memiliki Allah sebagai penolong dan sumber pengharapannya, sebab ternyata Allahla yang akan menopang ketidaksempunaan manusia. Ia memampukan manusia untuk bertahan dalam setiap badai kehidupan. Tuhan Yesus pun menyampaikan wejangan yang serupa kepada para murid tentang penderitaan yang akan dialami oleh pengikut Kristus. Akan tetapi, kenyataan itu tidak akan pernah mengaburkan kepercayaan dan keteguhan iman para murid Kristus, sebab Allah sendiri yang akan memberikan jaminan keselamatan bagi mereka yang setia dan taat. Lebih jauh lagi, kebahagiaan dalam rupa hidup kekal dianugerahkan bagi siapa saja yang bertahan dalam imannya.

Saat ini kita belum benar-benar bebas dari badai pergumulan bernama Pandemi Covid-19. Pandemi tidak hanya mempengaruhi kehidupan kita secara fisik, tetapi juga secara spiritual. Di tengah-tengah kekhawatiran kita akan kesehatan, ekonomi keluarga, pendidikan anak, dan sebagainya, kita yang lemah ini membutuhkan penolong yang mampu menolong dan memberikan pengharapan yang pasti, sehingga kita tetap bisa melanjutkan kehidupan, bahkan dimampukan untuk menjadi berkat bagi sesama. Penolong itu adalah Tuhan Yesus. Hidup beriman di dalam Yesus memampukan kita untuk selalu merasakan kebahagiaan dalam hal apapun, sehingga kita bisa selalu mengucap syukur. Hidup beriman di dalam Yesus membuat kita tahan banting dalam mengarungi kehidupan, sebab kita tahu bahwa Dia memberikan jaminan keselamatan bagi setiap kita yang setia. (AEPTB)

Bacaan Alkitab: Matius 8: 14–17; Lukas 12: 1–12

Doa: Kami bersyukur Tuhan, bahwa hanya didalamMu kami bisa merasakan kekuatan, sehingga dimampukan untuk selalu bertahan dalam setiap badai kehidupan. Amin.