Sukacita Orang Percaya (1 Maret 2022)

Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau. Mazmur 40:17
1 March 2022

Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau. Mazmur 40:17

Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masingmasing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Kisah Para Rasul 2: 46-47

Di dunia ini, ada banyak hal yang membuat manusia tidak beroleh sukacita. Mungkin saja karena ada banyaknya masalah dan pergumulan yang dihadapi dengan tiada henti-hentinya. Misalnya masalah dan pegumulan dalam keluarga, keuangan, pekerjaan, sakit penyakit yang tiada kunjung sembuh dan masalah yang lainnya yang membuat kita kehilangan kegembiraan dan sukacita. Namun kita melihat bagaimana kehidupan sang Pemazmur, yaitu Daud pada waktu itu. Daud sedang dalam pergumulan hebat. Ia sedang menghadapi malapetaka, yaitu musuh-musuhnya ingin mencelakakan dirinya dan menginginkan kematiannya.

Secara manusia, ia takut dan merasa tertekan. Namun, ia melihat dan menyatakan bahwa hanya Tuhan yang selalu memberikan pertolongan dan keselamatan baginya. Daud percaya kepada Tuhan atas pertologanNya, maka kekuatirannya berubah menjadi sukacita. Ketakutannya telah musnah karena ia tidak memfokuskan hati dan pikirannya pada masalah dan bahaya yang di hadapinya, melainkan fokusnya adalah kepada Tuhan yang memberikan kepadanya ketenangan dan sukacita. Daud dalam pengharapannya kepada Tuhan, ia boleh berkata bahwa semua orang dapat bergembira dan bersukacita hanya karena Tuhan semata. Sehingga kita tahu bahwa, alasan sukacita dan kegembiraan Daud adalah Tuhan sendiri dan telah menjadi nyata dalam kehidupannya. Maka kita umatNya, carilah Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang telah menyelamatkan dan memberikan sukacita bagi kita. Mari kita fokus dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan yang menolong dan memampukan kita melewati setiap pergumulan yang kita alami.

Demikian pula yang terjadi di tengah-tengah jemaat Tuhan mula-mula. Mereka telah beroleh keselamatan dari Allah. Maka, mereka bersama-sama bersukacita, bertekun, bergembira, tulus hati dan sambil memuji Allah. Sehingga respon mereka adalah mereka bersekutu, memuji Allah yaitu dengan mereka berkumpul pada tiaptiap hari Tuhan. Kemudian mereka bersaksi dan melayani, ditandai dengan jumlah mereka yang diselamatkan semakin bertambah dan mereka bersama-sama memecahmecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan dengan penuh sukacita. Bersukacitalah senantiasa karena Tuhan Yesus yang telah menolong dan menyelamatkan kehidupan kita, anak-anakNya. (SH)

Bacaan Alkitab: Lukas 5: 33-39; Efesus 6: 18-24

Doa: Tuhan Yesus, terimakasih pertolongan dan keselamatan yang Engkau berikan bagi kami, nyatakanlah dan sempurnakanlah sukacita kami. Amin.