Semua Karena Tuhan (13 Nov 2021)

Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, Juruselamat. Yesaya 45: 15
13 November 2021

Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, Juruselamat. Yesaya 45: 15

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan,bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun. Efesus 3: 20-21

Ada hal yang menarik dari sebuah lukisan terkenal berjudul “The Helping Hand” (Tangan yang Menolong) karya Emile Renouf. Lukisan itu menceritakan seorang nelayan tua yang sedang duduk dalam perahu bersama seorang gadis kecil yang duduk di sampingnya. Keduanya sama-sama menggenggam dayung yang sangat besar. Sang nelayan tua itu menatap si gadis kecil dengan pandangan penuh rasa sayang dan kekaguman. Tampaknya lelaki itu mengatakan kepada si gadis kecil bahwa ia boleh membantu mendayung perahu. Gadis itu begitu bersemangat untuk membantu sehingga ia merasa seolah-olah telah banyak membantu melakukan tugas besar. Padahal, jelas terlihat bahwa yang menggerakkan dayung berat itu adalah lengan nelayan yang berotot itu.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus, Tuhan mengingatkan bangsa Israel melalui nabi Yesaya. Tuhan ingin umat-Nya ingat bahwa Dialah yang telah melakukan pekerjaanpekerjaan besar bagi bangsa itu. Bangsa Israel yang sedang berada dalam pembuangan tidak dapat melakukan apa-apa. Mereka hanya menanti pertolongan Tuhan. Tangan Tuhan yang kuat dan perkasa yang melepaskan mereka dari pembuangan. Bangsa Israel pada akhirnya mengalami mengalami pertolongan Tuhan. Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, ia berdoa bagi jemaat dengan keyakinan yang besar pada kuasa dan kebaikan Tuhan. Paulus percaya bahwa Tuhan adalah penolong yang sejati bukan ilah-ilah atau dewa-dewa.

Suadara/i yang dikasihi Tuhan Yesus, banyak hal yang boleh kita lewati dalam kehidupan ini, kadang suka kadang duka, gagal dan sukses, sakit dan sehat. Itu semua silih berganti dalam kehidupan manusia. Semua yang terjadi dalam kehidupan ini tidak terlepas dari perhatian Tuhan. Ketika bisnismu lancar, istrimu cantik, suamimu tampan, anakmu pintar, naik jabatan, punya rumah besar, mobil banyak, jadi bos besar dan sebagainya. Kita berpikir bahwa itu semua karena kemampuan kita, sering kali kita berpikir seperti gadis kecil dalam lukisan “The Helping Hand” itu yang seakan sudah melakukan semuanya. Hei..sadarlah itu semua karena Tuhan menyayangi kita. Dibalik setiap keberhasilan kita, sesungguhnya ada tangan Tuhan yang turut bekerja dan menopang hidup kita. Hari ini kita diingatkan melalui renungan ini untuk mengucap syukur dan berterima kasih kepada Allah atas usaha, pekerjaan atau pelayanan dan sebagainya. Biarlah setiap keberhasilan yang kita raih dalam hidup kita semakin meninggikan nama Tuhan Yesus Kristus di atas segalanya. (IWM)

Bacaan Alkitab: Markus 13: 1–8; Lukas 18: 18–30

Doa: Tuhan, kami yakin bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan ini karena pertolongan Tuhan. Tuhanlah penolong yang sejati bagi kami. Amin