Sederhana namun Tak Murahan (5 Jan 2022)

TUHAN berfirman: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani. Keluaran 33: 19
5 January 2022

TUHAN berfirman: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani. Keluaran 33: 19

Kalian mengetahui betul bahwa kita sangat dikasihi oleh Yesus Kristus Tuhan kita. Ia kaya, tetapi Ia membuat diri-Nya menjadi miskin untuk kepentinganmu, supaya dengan kemiskinan-Nya itu, kalian menjadi kaya 2 Korintus 8: 9 (BIS)

Mengasihi orang lain, akan sering diidentikkan dengan memberikan sesuatu yang sangat berharga. Merasa malu kalau sampai memebrikan hal kecil kepada orang yang dikasihi, dan sebaliknya terkadang manusia akan merasa bahwa siri tidak dihormati, dihargai, dikasihi jikalau mendapat sesuatu yang nilainya tak seberapa sama sekali. Padahal kasih yang sebenarnya sangat dapat diwujudkan lewat suatu sikap atau cara yang sederhana, tak perlu menuntut sesuatu yang teralu muluk-muluk.

Hal serupa juga yang dirasakan dan dilakukan oleh Musa dan segenap umat Isarel, mereka tak memiliki kesadaran penuh bahwa Allah benar-benar mengasihi mereka. Mereka masih belum sadar dan cukup dengan penyertaan yang Tuhan Allah lakukan terhadap mereka. Sehingga hal itulah yang membuat Musa menngadu kembali kepada Tuhan Allah dan meminta kembali bukti bahwa Tuhan Allah benar-benar mengasihi dan menyertai mereka semuanya, sehingga Allah mengatakan bahwa: “Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani” artinya Allah mau mengatakan bahwa Allah melakukan sesuatu ya bukan karena tuntutan mereka, tetapi karena kemauan Allah sendiri.

Manusia pada dasarnya memang sangat susah untuk mensyukuri hal sederhana yang ada pada dirinya, hanya selalu fokus untuk menerima dan merasakan hal-hal yang luar biasa, barulah merasa bahwa Allah mengasihi, padahal dalam segala hal Allah selalu menyatakan mujizatNya sebagai bentuk kasihNya kepada manusia. Hal kemurahan Tuhan secara sederhana inilah yang dapat dirasakan oleh jemaat di Makedonia, Paulus mengatakan bahwa sekalipun hidup mereka saat itu dalam posisi yang sangat memprihatinkan, namun justru mereka tetap dapat menjadi saluran berkat bagi orang lain yang juga membutuhkan seperti mereka. Mereka tak menunggu diri mereka menjadi kaya dulu baru mereka mau berbagi, mereka tak menunggu Tuhan Allah meluputkan mereka dari pencobaan berat serta penderitaan yang mereka sedang alami dulu baru meereka menjadi berkat. Justru karena keadaan mereka pada saat itu membuat para jemaat di Makedonia sadar betapa pentingnya pertolongana yang harus mereka berikan kepada sesama mereka yang membutuhkan sehingga pertolongan yang mereka lakukan itu membuat Paulu sangat tersentuh dan merasa diberkati.

Suatu tindakan sederhana akan memiliki nilai yang sangat luar biasa mahal jika memang dilakukan dengan landasan kasih. Hal serupa juga harus dapat kita lakukan dan sadari juga. Tuhan Allah elalu mengasihi kita sebagai umatNya dengan hal paling sederhana sampai hal luar biasa, pada intinya adalah segala seuatu yang Tuhan Allah lakukan memiliki nilai yang tak murahan. (Deb)

Bacaan Alkitab: Kejadian 9: 8-11 (12-13); Yohanes 1: 35-51

Doa: Bapa, ampunilah kami yang seringkali menuntut segala sesuatu yang luar biasa tanpa mengucap syukur akan segala hal sederhana yang telah Bapa lakukan kepada kami. Amin