Pengampunan (22 Des 2021)

Berfirmanlah TUHAN: “Aku mengampuninya sesuai dengan permintaanmu. Bilangan 14: 20
22 December 2021

Berfirmanlah TUHAN: “Aku mengampuninya sesuai dengan permintaanmu. Bilangan 14: 20

Di dalam Dia (Yesus Kristus) dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya. Efesus 1: 7

“Mana ada pencuri yang akan mengaku” Inilah ungkapan yang sangat familiar menunjukkan betapa sulitnya mengakui kesalahan. Semua manusia mempunyai ego dalam dirinya. Ego inilah yang menyebabkan lebih senang menerima pujian dan tidak senang ketika dikritik. Semua ini dilakukan oleh karena takut menerima resiko yang nantinya bisa dibenci, disakiti, tidak diampuni dan semua menjauhkan diri. Oleh karena itu lebih senang menyangkali kenyataan dengan bersandiwara bahwa kesalahan itu tidak pernah terjadi, bahkan mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan.

Saudaraku pengampunan akan terjadi ketika ada pengakuan. Bila mana tidak ada pengakuan akan kesalahan maka sudah pasti pengampunan akan sulit dilakukan. Hal yang terjadi bagi umat Israel adalah mereka lebih pada sikap bersungut-sungut dan tidak percaya akan TUHAN dari pada mengakui kesalahan. Inilah sebabnya Musa berusaha mewakili umat Israel untuk mengakui kesalahan kepada TUHAN. Meyakinkan dan memohon kepada TUHAN untuk sebuah pengampunan dengan berkata “Ampunilah kiranya kesalahan bangsa ini sesuai dengan kebesaran kasih setia-Mu” (Bil14:19). Sikap berontak umat Israel menandakan betapa takutnya untuk mengakui kesalahan sehingga mereka berfikir lebih baik kami tidak dibawa keluar dari Tanah Mesir. Namun TUHAN menunjukan kasih setia-Nya dengan mengampuni mereka dengan syarat bagi mereka yang siap memuliakan TUHAN.

Sikap yang demikianlah yang harus kita lakukan. Mengakui kesalahan dan siap memuliakan Tuhan maka layak dalam pengampunan. Kita yang hidup dalam Perjanjian Baru seharusnya belajar memahami eksistensi sebagai orang-orang yang telah ditebus dan diselamatkan oleh Allah dalam Putra Tunggal-Nya Yesus Kristus. Di mana Yesus telah menempuh jalan salib untuk menggantikan kita umat manusia yang berdosa ini. Yesus sudah membayarnya ganti kita dan kita pun sendiri tidak membayar sepeser pun bagi Tuhan. Oleh karena itu kita diminta oleh Tuhan untuk menjalani hidup dalam kebenaran, siap memuliakan Tuhan dan lakukan yang baik itulah yang harus diperbuat bagi kita. (KBWU)

Bacaan Alkitab: Wahyu 22: 16, 17, 20, 21; Maleakhi 3: 6-12

Doa: Beri belas kasih-Mu Tuhan… Kami telah siap mengakui segala kesalahankesalahan yang telah diperbuat. Amin