Mujizat Setiap Hari (23 Okt 2021)

Engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu. Ulangan 8: 10
23 October 2021

Engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu. Ulangan 8: 10

Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. 1 Korintus 10: 31

Mujizat apa yang pernah Saudara lihat atau alami selama ini? Biasanya orang akan segera memikirkan hal-hal besar nan ajaib seperti seorang lumpuh tibatiba berjalan, selamat dari kecelakaan, hutang lunas terbayar oleh seorang yang tidak dikenal, dan sebagainya.Hal-hal itu boleh diyakini sebagai mujizat meski yang demikian tentu tidak setiap saat terjadi.

Dikisahkan umat Tuhan berjalan dari Mesir menuju tanah yang dijanjikan. Perjalanan itu tidak mudah karena mereka harus melintasi padang gurun dalam jangka waktu panjang yaitu 40 tahun. Dalam perjalanan panjang dan tiba-tiba pastilah tidak banyak perbekalan yang dapat mereka bawa. Mereka pernah bertengkar karena tidak ada makanan dan minuman, pikirnya lebih baik kembali ke Mesir daripada mati di padang gurun. Tetapi Allah selalu mencukupkan mereka dengan makanan dan minuman lewat cara-cara yang tidak terduga sehingga mereka mampu melewati sehari demi sehari sampai tiba di tujuan dengan selamat.

Melalui kisah perjalanan umat kita hendak disadarkan bahwa sejatinya mujizat Allah dinikmati setiap hari lewat peristiwa-peristiwa yang nampaknya sederhana dan biasa seperti soal makan dan minum. Padahal makan dan minum adalah kebutuhan utama dan sangat mendasar bagi manusia untuk tetap hidup. Itu artinya hal yang nampak biasa itu sesungguhnya sangat besar dan Allah cukupkan bagi kita. Atas karya kasih Allah yang memelihara kehidupan sudah sepatutnya kita memuji dan memuliakan Dia. Pujian bagi Allah tidak hanya pada saat dan tempat tertentu seperti hari Minggu di gereja, melainkan setiap hari sama seperti Allah memberkati kita cukup setiap harinya.

Perjalanan hidup kita juga kadang seperti di padang gurun, sangat panjang dan melelahkan. Tetapi percayalah ada banyak cara Allah memelihara lewat hal-hal tidak terduga. Nikmatilah berkat Tuhan yang memelihara kehidupan kita sehari demi sehari dan muliakanlah Dia lewat laku hidup kita. (JVS)

Bacaan Alkitab: Amsal 3: 1–8; Lukas 13: 8–21

Doa: Terima kasih untuk berkat Allah yang kami nikmati setiap hari. Tolong ajari kami memuliakan namaMu. Amin