Mengasihi Tuhan (11 Feb 2022)

Demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu. Yosua 23: 11
11 February 2022

Demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu. Yosua 23: 11

Yesus berkata: Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Yohanes 14:23

Kasih adalah hukum utama bagi orang percaya. Kita pasti sudah sering mendengar bahwa Tuhan mengasihi kita. Namun sebaliknya, apakah kita sudah mengasihi Tuhan? Banyak orang Kristen yang berpikir kalau sudah berdoa, menyembah, pergi ke gereja, ikut persekutuan doa, dan sebagainya, berarti sudah mengasihi Tuhan. Ternyata tidak. Itu semua bukan bukti mutlak kalau kita mengasihi Tuhan. Ada orang yang mengasihi Tuhan saat senang saja, tetapi giliran tertimpa kesusahan ia lupa mengasihi Tuhan. Bagaimanapun keadaan kita saat ini, apa pun masalah yang sedang kita hadapi, Tuhan mau kita tetap mengasihi Dia dengan melakukan firman-Nya.

Saudara/I yang dikasihi Tuhan Yesus, Yosua mengingatkan bangsa Israel untuk dengan tekun mengasihi Tuhan. Hal ini karena Tuhan telah terlebih dahulu mengasihi mereka. Kasih dan penyertaan Tuhan sungguh nyata ketika mereka diberikan kemenangan dalam perang. Yesus mengatakan bahwa orang yang mengasihi-Nya adalah orang yang melakukan firman-Nya. Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa seseorang mengasihi Tuhan: pertama, memiliki hubungan karib dengan Tuhan. Senantiasa menyediakan waktu bersekutu dengan Tuhan. Kedua, hidup dalam ketaatan dan melakukan perintah Tuhan. Yohanes 14:21a berkata “Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Ketiga, setia melayani Tuhan. Setiap kita dikarunia talenta dan potensi oleh Tuhan dan itu harus kita kembangkan dan maksimalkan untuk pekerjaan Tuhan. Jangan menunda-nunda waktu melayani Tuhan dengan berbagai alasan. Keempat, suka memberi. Selalu ingin memberi yang terbaik untuk Tuhan, tidak pernah hitung-hitungan dengan Tuhan. Dengan rela hati dan penuh sukacita selalu ingin menabur/memberi untuk Tuhan dan juga dengan sesama.

Saudara/I yang dikasihi Tuhan Yesus, mengasihi Tuhan adalah mutlak harus dilakukan oleh manusia. Mengasihi Tuhan dalam setiap situasi kehidupan. Mengasihi Tuhan setiap saat dengan sepenuh hati kita. Matius 22:37 berkata “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu” ini berarti mengasihi Tuhan harus dengan seluruh aspek kehidupan kita. Jangan biarkan masalah dalam hidup ini membuat kita melanggar firman-Nya. Tuhan berjanji kalau Dia akan memberikan apa yang kita minta, jika kita tinggal di dalam firman-Nya. (IWM)

Bacaan Alkitab: Kolose 2: 8-15; Efesus 1: 15-23

Doa: Kuatkan dan teguhkan hati kami suapaya senantiasa mampu mengasihi-Mu. Amin