Mengalami Tuhan (18 Nov 2021)

Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Mazmur 42: 2
18 November 2021

Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Mazmur 42: 2

Allah berkata: Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cumacuma dari mata air kehidupan. Wahyu 21: 6

Ada seorang pemuda yang menjelaskan kepada temannya bagaimana ia rindu akan nikmatnya rasa masakan orang tuanya. Ia menjelaskan rasanya, nikmatnya bumbunya dan sensasi memakannya. Begitu mahirnya ia menjabarkan sampai temannya tersebut lapar mendengarnya dan ingin mencobanya, karena sebaik apapun pemuda itu mendeskripsikan makanan tersebut, temannya tidak akan pernah tahu rasanya, kecuali jika ia mencobanya secara langsung.

Raja Daud pada bagian ini, sedang sangat merindukan kehadiran Allah. Ia mengumpamakan kerinduan nya seperti rusa yang merindukan sungai yang berair. Kerinduan dan rasa haus akan Allah adalah sesuatu yang terjadi karena adanya hubungan yang erat antara Daud dengan Tuhan. Sesuatu yang dapat dijelaskan dan diumpamakan, seperti Daud mengumpamakannya dengan rusa yang merindukan sungai, tapi penjelasan dan perumpamaan tersebut tidak akan dapat menangkap dan menjelaskan perasaan tersebut secara utuh, kecuali orang yang mendengarnya juga pernah merasakan hal yang sama secara langsung.

Relasi Allah yang karib bukan hanya berlaku untuk Daud saja. Sebaliknya Ia mengajak semua orang untuk mengambil bagian dalam diri-Nya dan itu diberikannya dengan cuma-cuma. Akibatnya kita beroleh suatu hubungan yang karib dari Allah, karena Ia yang lebih dahulu memulainya dan akhirnya kita dapat mengerti perasaan Daud, dan kerinduannya kepada Allah. Pengalaman itu, sungguh luar biasa, sebab awalnya seseorang hanya mengecap dari cerita orang, kemudian ia mengalaminya secara pribadi. Kita dapat melihat hal ini dari perkataan Ayub: “Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. (Ayub 42:5)” Kiranya rahmat dan anugerah Tuhan turun dalam hidup kita, dan oleh kasih-Nya kita dapat mengalami Tuhan, dan bukan hanya sekedar dari kata orang saja.(FAO)

Bacaan Alkitab: Lukas 15: 1–10; 1 Tesalonika 3: 1–13

Doa: Ya, Tuhan, perkenankanlah kami menikmati sukacita lewat pengalaman perjumpaan dengan-Mu, seperti rusa yang merindukan air sungai yang mengalir. Amin