Menantikan Penghiburan (28 Nov 2021)

Semoga kasih-Mu menjadi penghiburanku, sesuai dengan janji-Mu kepada hamba-Mu. Mazmur 119: 76 (BIS)
28 November 2021

Semoga kasih-Mu menjadi penghiburanku, sesuai dengan janji-Mu kepada hamba-Mu. Mazmur 119: 76 (BIS)

Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya. Lukas 2: 25

Seorang anak kecil duduk di pinggir jalan, di depan sebuah terminal bus. Setiap kali ada bus yang keluar dari terminal itu, ia segera berdiri, berharap bibi yang ia kasihi ada di sana. Sering ia pulang dengan kecewa, karena bibinya tidak datang, tetapi ia tidak berhenti berharap, setiap hari ia datang dan duduk di pinggir jalan di depan terminal bus. Hal ini dilakukan, karena bagi si anak hanya bibinya yang mengasihi dan menyayanginya. Hanya bibinya yang bisa membela dan melindungi dia dari sikap orang tuanya yang kasar dan suka memarahinya. Ia tidak pernah putus asa menantikan kedatangan sang bibi yang adalah penghiburan baginya, karena ia tahu bibinya mengasihinya.

Kesadaran bahwa ada seseorang yang begitu mengasihi kita dapat membuat kita terhibur dan senang. Itulah yang dirasakan juga oleh pemazmur. Mengingat akan pribadi Allah yang mengasihi dirinya, itulah yang menjadi penghiburan bagi pemazmur. Kesadaran bahwa pribadi yang mengasihi kita benar-benar ada dan akan datang, membuat kita tidak lelah dan putus asa menantikan kedatangannya. Seperti yang dialami dengan Simeon, tak putus asa menanti kedatangan pribadi yang memberi penghiburan dan kelegaan yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Mungkin saat ini anda berada jauh dengan orang yang anda kasihi, kiranya kesadaran bahwa ada orang yang mengasihi anda dapat membuat anda terhibur dan bersukacita. Mungkin, orang yang anda kasihi sudah tidak ada lagi di dunia ini, ingatlah bahwa suatu saat anda akan berjumpa kembali dengan mereka di rumah Bapa, di sorga. Di masa advent ini kita juga diingatkan untuk tidak berputus asa menantikan penghiburan dari Tuhan. (DS)

Bacaan Alkitab: Matius 21: 1-11; Roma 13: 8-12; Zakharia 9: 9-10; Mazmur 24

Doa: Dalam kesesakan dan kesedihan kami, penghiburan yang berasal dariMu, itulah yang kami perlukan, ya Tuhan. KasihMulah sumber penghiburan kami. Amin.