Memiliki Hati Yang Mengasihi (6 Feb 2022)

Ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN Mikha 5: 3
6 February 2022

Ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN Mikha 5: 3

Ketika Yesus Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Matius 9: 36

Salah satu sifat Allah adalah kasih. Allah senang berbuat kasih. Tidak ada manusia yang tidak dikasihi Allah. Saat manusia mengalami pergumulan dalam hidupnya pasti meminta kepada Allah untuk memberikan belas kasihan. Sebagai orang percaya (Kristen) keyakinan kita juga adalah Allah mengasihi dunia dan segala isinya.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus, bagian yang ditulis oleh Nabi Mikha, adalah keyakinan nabi kepada Tuhan terhadap manusia. Ini adalah nubuatan bagi manusia khususnya bangsa Israel, dimana situasi kehidupan bangsa Israel yang sangat buruk. Moral mereka sedang ambruk, kejahatan merajarela, pemimpin bangsa tidak melakukan yang benar, mereka menindas rakyat kecil. Rakyat tidak memiliki harapan untuk hidup dengan damai. Dalam keadaan yang demikian Nabi Mikha menyampaikan pengharapan kepada umat Israel bahwa ada waktunya bagi mereka ditolong oleh Allah. Mereka akan dipelihara oleh Allah, akan dipimpin oleh Allah. Pimpinan dan pemeliharaan Tuhan berbeda dengan pemimpin yang lalim saat itu. Nats ini juga berbicara mengenai pengharapan manusia akan datangnya Juruselamat. Manusia dalam kungkungan kuasa dosa tidak dapat menikmati hidup dengan baik. Sebab itu kedatangnya Yesus Kristus menjadi tindakan nyata Allah bagi manusia. Ini berarti Allah benar mengasih manusia dan dunia ini. Tindakan Allah mengutus Yesus adalah bukti nyatanya. Yesus Kristus sebagai manifestasi kehadiran Allah dalam dunia ini, juga menunjukan dirinya memiliki sifat kasih kepada manusia. Matius menulis pengalaman hidup Yesus ketika berinteraksi dengan orang banyak. Ketika orangorang yang mengikuti dan mendengarkan pengajaran Yesus terlihat lelah, muncullah rasa empati dari Yesus terhadap orang banyak itu. Hati Yesus tergerak oleh belas kasihan.

Sauadara/i yang dikasihi Tuhan Yesus, dunia tempat kita hidup ini memerlukan orang-orang yang memiliki jiwa mengasihi. Memerlukan manusia yang mau peduli dengan sesamanya. Ada banyak manusia yang kehilangan harapan hidupnya. Banyak manusia yang masih mencari keselamatan, banyak manusia yang belum bisa menemukan keselamatan. Apa yang akan kita lakukan? Apakah kita akan diam? Atau kita mau mengasihi mereka seperti tindakan Allah dan Yesus yang memiliki kepedulian dengan situasi yang dihadapi oleh manusia. Jika Allah dan Yesus sangat mengasihi manusia, maka anak-anak Tuhan (orang Kristen) harus seperti Allah dan Yesus yang memiliki jiwa mengasihi. (IWM)

Bacaan Alkitab: Markus 4: 35-41; 2 Korintus 1: 8-11; Yesaya 51: 9-16; Mazmur 54

Doa: Tuhan berikan kami hati yang dapat mengasihi seperti hati-Mu. Amin