Ku tak sendirian (5 Feb 2022)

Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri! Mazmur 33:12
5 February 2022

Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri! Mazmur 33:12

Karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh AnakNya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”, Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah. Galatia 4: 6–7

Merasa sendiri adalah perasaan paling memilukan yang dapat dirasakan oleh umat manusia manapun. Merasa kesepian membuat kita lemas dan sedih tanpa alasan yang jelas,

Pembacaan kita pada hari ini mengingatkan kita bahwa kita tidak pernah sendiri.Paulus mengingatkan jemaat di Galatia, bahwa ketika Kristus telah menebus mereka maka mereka telah diangkat sebagai anak. Roh Allah sendirilah yang memampukan mereka menerima Kristus dan memanggil Allah sebagai Bapa. Bapa yang telah mengutus Roh Kudus untuk senantiasa menemani kita. Hidup di dunia adalah hidup yang pasti akan bersinggungan dengan berbagai kesengsaraan dan penderitaan, tetapi dengan adanya Roh Kudus di dalam hidup kita, kita sejatinya tidak pernah sendiri.Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri yang hadir di dalam setiap kehidupan orang percaya yang telah dilayakkan menjadi anak-anak Bapa di surga. Roh Kudus senantiasa bekerja dan berdoa bagi kita, menuntun kita kepada kebenaran, dan membantu kita untuk hidup selayaknya anak-anak Kerajaan yang menikmati segala kebaikan dan kasih Bapa yang berkelimpahan. Dan sebagai anak-anak Kerajaan pemazmur mengingatkan dalam pembacaan pertama bahwa status sebagai anak atau umat pilihan bukan semata-mata hak istimewa melainkan anugerah, sehingga tidak boleh ada kesombongan, apalagi sanggup menghadapi musuh dengan kekuatan sendiri tanpa mengandalkan Tuhan. Karena hanya orang yang takut kepada Tuhan yang akan menerima pertolongan pada waktunya.

Mari belajar untuk lebih peka dan taat pada Tuhan, bangun hubungan yang lebih dekat denganNya, dan menjadikan Tuhan sebagai andalan kita dalam segala perkara serta percaya kepada Firman-Nya yang berkuasa memelihara hidup kita apapun masalah yang kita hadapi. Agar kita bisa menikmati kelimpahan kebaikan dan kasih Bapa. (MHS)

Bacaan Alkitab: Bilangan 6: 22-27; Yosua 24: 16-28

Doa: Terimakasih Tuhan karna Engkau selalu bersama dengan kami, terimakasi karna Engkau tidak pernah meninggalkan kami sendirian. Amin.