Kita Adalah Bait Allah (3 Nov 2021)

Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepadaKu Kunyatakan kekudusan-Ku, dan di muka seluruh bangsa itu akanKuperlihatkan kemuliaan-Ku. Imamat 10: 3
3 November 2021

Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepadaKu Kunyatakan kekudusan-Ku, dan di muka seluruh bangsa itu akanKuperlihatkan kemuliaan-Ku. Imamat 10: 3

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 1 Korintus 3: 16

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” Ini adalah suatu dorongan juga teguran Paulus kepada jemaat Korintus. “Tidak tahukah kamu” (apakah kamu tidak tahu?), artinya adalah sesungguhnya kamu sudah tahu, apakah lupa atau sengaja melupakannya.

Karena itu hal ini memberitahukan kita,setelah seseorang percaya kepada Tuhan, identitasnya adalah berbeda dengan orang yang belum percaya, yaitu bahwa karena kita sudah disucikan oleh darah Kristus, maka Roh Allah diam di dalam kita sehingga kita menjadi Bait Allah (tempat kediaman, rumah). Hal ini menunjukkan identitas orang Kristen sangat mulia, tempat kediaman Allah; sama seperti kalau ada orang yang kita hormati mau mengunjungi rumah kita atau menginap, bukankah kita akan segera membersihkan rumah dan membersihkannya setiap hari?

Peristiwa Yesus menyucikan Bait Allah mengingatkan kita, bahwa tubuh kita memang dijadikan dari debu tanah, tapi dalam darah Yesus Kristus kita telah disucikan sehingga menjadi tempat kediaman Allah yang Maha kudus.

Hidup ini bukan dengan sendirinya bisa menjadi bait Allah, tapi Kristus menebusnya dengan harga yang sangat mahal. Harga mahal ini bukan dengan emas dan perak melainkan dengan darah Yesus Kristus. Karena itu hidup kita bukan lagi milik kita melainkan milik Dia dan menjadi tempat kediaman-Nya. Oleh karena itu setiap orang percaya yang bergaul dekat dengan Tuhan Allah yang menggambarkan kekudusan, disebut sebagai Bait Allah dan melalui itu kemuliaan Allah menjadi nyata.

Peringatan penting: “Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia…” Sering secara sadar atau tidak sadar kita sendiri merusak tubuh, jiwa dan roh kita sendiri, mohon Roh Allah segera menyadarkan dan memimpin kita. Mari kita mengintropeksi diri: apakah hidup kita, tubuh, jiwa dan roh kita sesuai dengan standar Bait Allah? (MHS)

Bacaan Alkitab: Kejadian 33: 1-11; Lukas 16: 1-9

Doa: Tuhan ajarlah kami untuk hidup sebagai bait Allah yang kudus dan berkenan di hadapan-Mu. Amin