Jangan Takut (23 Nov 2021)

Hai Yerusalem, janganlah takut dan tawar hati. Kamu dilindungi oleh TUHAN Allahmu yang perkasa. Zefanya 3: 16-17 (BIS)
23 November 2021

Hai Yerusalem, janganlah takut dan tawar hati. Kamu dilindungi oleh TUHAN Allahmu yang perkasa. Zefanya 3: 16-17 (BIS)

Pergilah mereka (murid-murid) naik perahu. Tetapi sepanjang malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.Ketika matahari mulai terbit, Yesus berdiri di pantai. Yohanes 21: 3–4

Sebuah lagu rohani yang cukup terkenal dan mungkin sering kita nyanyikan, demikian:

Tak usah ku takut, Allah menjagaku
Tak usah ku bimbang, Yesus peliharaku
Tak usah ku susah, Roh Kudus hiburku
Tak usah ku cemas, Dia memberkatiku
El Shaddai, El Shaddai, Allah Maha Kuasa
Dia besar, Dia besar, El Shaddai mulia
El Shaddai, El Shaddai, Allah Maha Kuasa
Berkatnya melimpah, El Shaddai…

Saudara, bila kita benar-benar meresapi makna pujian ini maka kita akan sangat dikuatkan, terutama ketika kita sedang berada dalam pergumulan berat.

Setiap orang pasti pernah merasa takut karena persoalan hidup yang dihadapinya. Umat Yehuda merasa takut ketika mendengar peringatan dari Tuhan bahwa mereka akan menerima hukuman dan dibinasakan oleh Allah, karena segala kejahatan yang telah mereka perbuat. Tetapi Allah melalui nabi Zefanya juga menghibur dan membesarkan hati orang-orang saleh disana bahwa kelak Allah akan memulihkan keadaan mereka. Allah ada diantara pergumulan umat untuk memberi kemenangan dan membaharui umat dalam kasihNya.

Para murid Tuhan Yesus juga merasa takut dan sedih ketika ditinggal mati oleh Sang Guru. Mereka memutuskan untuk kembali menangkap ikan sambil melewati harihari mereka yang berat. Sayangnya malam itu tidak ada seekor ikanpun yang berhasil mereka tangkap, sampai akhirnya pagi pun tiba. Dalam kekecewaan dan keletihan yang dirasa oleh para murid, Tuhan Yesus menampakkan diriNya dan berdiri di tepi pantai, sepertinya sedang menyambut mereka. Tuhan Yesus memulihkan hati para murid melalui kehadiranNya. Demikian pula kita mengamini bahwa Tuhan Yesus juga hadir dalam setiap pergumulan kita. Karena itu, jangan takut ketika menghadapi berbagai persoalan, sebab Dia menjaga dan akan menolong kita, Ia sanggup memulihkan keadaan kita dan mengaruniakan keselamatan bagi jiwa kita. (A3P)

Bacaan Alkitab: 1 Petrus 1: 13-21; 1 Tesalonika 5: 12–28

Doa: Tuhan Yesus, kuatkanlah kami dalam menjalani berbagai pergumulan hidup.
Jangan biarkan kami takut, sebab Engkau senantiasa menyertai kami. Amin