Jangan Kamu Kuatir! (8 Jan 2022)

Ketahuilah, Saksiku ada di sorga, Yang memberi kesaksian (pembelaan) bagiku ada di tempat yang tinggi. Ayub 16:19
8 January 2022

Ketahuilah, Saksiku ada di sorga, Yang memberi kesaksian (pembelaan) bagiku ada di tempat yang tinggi. Ayub 16:19

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Ibrani 11: 1

Logika adalah sesuatu yang kerapkali dijadikan manusia untuk menilai suatu kebenaran yang terjadi. Saat sesuatu masuk dalam logika manusia, maka sesuatu dianggap benar-benar terjadi. Bahkan manusia akan sangat jauh lebih percaya akan sesuatu yang dapat dilihatnya dengan mata kepalanya sendiri. Sayangnya logikalah yang seringkali menjadikan seseorang sampai jatuh dalam perasaan khawatir yang berlebihan sehingga merugikan diri mereka sendiri.

Hal mengenai logika inipun dipatahkan oleh seorang Ayub, kita tahu sendiri bagaimana luar biasa peristiwa yang telah menimpa kehidupan seorang Ayub, tak seorangpun memimpikan peristiwa Ayub terjadi dalam kehidupan mereka, karena begitu luar biasa kejadian yang menimpa Ayub pada saat itu. Namun dari peristiwa Ayub sendiri kita bisa belajar dan memahami betapa iman seseorang itu sangat besar kuasanya, melebihi dari logika yang seringkali dipakai oleh manusia. saat semua orang disekitarnya menyuruh Ayub untuk menanggalkan imannya dari Tuhan Allah, justru iman Ayub semakin dikuatkan, walau memang Ayub sempat mengeluh kepada Tuhan Allah, namun ia segera sadar akan keluhan yang ia lakukan bukanlah suatu hal yang benar saat meresponi hal yang pada saat itu sedang terjadi padanya. Pada akhirnya kita tahu bagaimana akhir dari cerita seorang Ayub yang benar-benar terjadi di luar logika kita sebagai manusia.

Dari kisah Ayub mengingatkan kepada kita para orang percaya memang betapa luar biasa kekuatan dari iman itu sendiri. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Artinya adalah tetaplah beriman bahwa sgala sesuatu akan baik-baik saja sekalipun secara kenyataan, mata kepala kita melihat bahwa semua sedang tidak dalam keadaan baik, karena iman kita akan menjawab segala apa yang mustahil menjadi mungkin terjadi. (Deb)

Bacaan Alkitab: Ulangan 18: 14-19; Yohanes 3: 1-21

Doa: Bapa terimakasih karena Engkau selalu menjadikan kenyataan dari segala apa yang menjadi iman kami. Terimakasih karena Engkau selalu menjadikan hal yang tak mungkin terjadi, menjadi mungkin terjadi. Amin.