Jangan Berpaling Darinya (12 Jan 2022)

TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Yeremia 10: 10
12 January 2022

TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Yeremia 10: 10

Yesus berkata: Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Matius 11: 25

Setia itu mahal harganya. Untuk menjadi setia dibutuhkan latihan dan proses yang tidak mudah. Ada banyak godaan-godaan menggiurkan yang membuat orang lupa akan tujuan utamanya. Demikianlah nabi Yeremia memberikan teguran keras kepada bangsa Israel karena mereka telah menyimpang dari jalan-jalan Tuhan. Padahal Tuhan sendiri yang menuntun bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan. Tetapi yang mereka lakukan justru sebuah kekejian di mata Tuhan. Mereka tidak lagi berbakti kepada Allah yang hidup, melainkan malah sibuk menyembah berhala. Kecenderungan ini ternyata terus berlangsung dalam kehidupan umat perjanjian baru. Mereka yang memposisikan diri sebagai orang pandai cenderung mengandalkan diri sendiri dan kemampuannya. Sebaliknya, orang-orang yang kecil dan sederhana lebih mudah untuk melihat kehadiran, karya dan kebaikan Tuhan dalam pengalaman hidup yang mungkin remeh.

Seperti orang-orang Israel, kadang kita pernah bahkan sering ingin kembali dalam belenggu dosa. Ada banyak godaan yang seolah sangat menggiurkan yang membuat kita tidak sadar telah berpaling dari Tuhan. Demikian juga ketika persoalan dan pergumulan menghantam kehidupan kita, sangat mudah kita menyerah dan diperbudak oleh keputusasaan. Pertanyaan bagi kita, seberapa sering kita memberi waktu untuk mendengar dan berbicara kepada Allah sebagai Pribadi yang hidup ?

Dibutuhkan kerendahan hati untuk dapat melihat dan terus mengingat segala kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita. Ya! Jangan lupakan segala kebaikanNya. Jika kita sudah pernah mengecap kebaikan Tuhan, hendaklah itu menjadi alasan bagi kita untuk tetap setia dan patuh kepadaNya. Dengan menyadari siapa diri kita di hadapan Tuhan, dan mengingat segala kebaikanNya, maka kita tidak akanmudah kecewa dan bersungut-sungut ketika mengalami masa-masa yang sulit. Oleh sebab itu tetaplah setia, dan jangan berpaling dariNya! (AS)

Bacaan Alkitab: Roma 8: 26-30; Yohanes 4: 27-42

Doa: Tuhan, tolonglah kami agar senantiasa menghargai anugerahMu dan mengandalkan Engkau setiap hari. Amin.