Jalan Serta Yesus Setiap Hari (5 Des 2021)

Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu. Mazmur 86: 11
5 December 2021

Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu. Mazmur 86: 11

Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 14: 6

“Jalan serta Yesus, jalan sertaNya setiap hari. Jalan serta Yesus, serta Yesus selamanya. Jalan dalam suka jalan dalam duka, jalan sertaNya setiap hari. Jalan serta Yesus, serta Yesus selamanya.” Sebuah pujian sederhana yang menjadi penyejuk hati. Mulai dari anak-anak sekolah minggu bahkan hingga usia lanjut tentu tahu bahkan hapal lagu ini.

Pada hari ini melalui bacaan Puji dan Janji, ketika Tuhan Yesus dalam Sabda perpisahan-nya mengatakan kepada para murid-Nya: Aku adalah jalan, kebenaran dan hidup, mau menegaskan kepada kita sekalian, bahwa ada suatu jaminan bagi kita. Ia adalah satu-satu nya jalan ke Sorga, karena Dia adalah Putera Bapa sendiri yang membawa orang-orang yang mempercayakan diri kepadaNya. Jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan Yesus ini membawa orang kepada kebenaran. Artinya melalui jalan ini orang semakin menemukan kebenaran dalam hidupnya berdasarkan ajaranNya dan orang dapat semakin merasakan adanya kehidupan diantara orangorang yang percaya kepadaNya (yang berupa kedamaian, kerukunan, kebersamaan dan persaudaraan yang membuat orang semakin bersukacita.) Sebaliknya jalan yang tidak melalui Yesus nampaknya jalan itu akan membawa orang kepada kebahagiaan tetapi semu, sesaat saja, karena tidak membawa kebenaran dan kehidupan.

Dalam situasi pandemi yang boleh menjadi alur perjalanan kehidupan beriman kita, sebagaimana Pemazmur senantiasa memohon arah dan tuntunan bagi hidupnya, demikian pula mari senantiasa kita tetap bertekun seperti pemazmur, sebab kita telah dibenarkan didalam kasih karunia Yesus Kristus. Identitas kita saat ini adalah orang-orang benar dalam Tuhan. Berjalan dan lakoni kehidupan kita dengan terang firman Tuhan. Apabila orang benar terjatuh, tangan Tuhan akan menolong sehingga kita tidak akan tergeletak. Imanilah bahwa kita dibenarkan dalam iman pada Yesus untuk diberkati dan dikasihi terus oleh Tuhan. Jalan serta Yesus setiap hari, sambut kehadiranNya dengan sukacita. Jika Tuhan ditengahtengah kita, kita pasti aman. (GAKLIE)

Bacaan Alkitab: Lukas 21: 25–33; Yakobus 5: 7–8 (9 -11); 1 Samuel 2: 1-10

Doa: Terimakasih ya Allah untuk firman kebenaranMu, tunjukkanlah kepada kami setiap waktu jalan-jalanMu yang menuntuk kami pada hidup. Amin