Jadikan Tuhan Pusat Hidupmu (12 Maret 2022)

Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulutNya segala tentaranya. Mazmur 33: 6
12 March 2022

Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulutNya segala tentaranya. Mazmur 33: 6

Tuhan tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang. Kisah Para Rasul 17: 25

Baru-baru ini, saya mengalami kondisi yang disebut sebagai “Momen Copernicus”. Saya dibuat tersadar bahwa diri saya bukanlah pusat dari alam semesta ini. Dunia ini tidak berputar mengitari saya. Dunia juga tidak bergerak menurut kecepatan, keadaan, atau kehendak saya.

Meski kita mungkin berharap tidak demikian, tetapi kenyataannya kehidupan tidaklah semata-mata soal diri kita. Justru sebaliknya, semuanya berpusat kepada Tuhan.

Dalam Mazmur 33, kita membaca bahwa seluruh alam semesta berpusat kepada Allah dan berada di bawah kendali-Nya (ay. 6-9). Allah menetapkan batasbatas air laut dan menempatkan samudera raya dalam wadah. Segala sesuatu di alam semesta berjalan menurut hukum-hukum yang ditetapkan-Nya. Hidup seluruh umat manusia berpusat kepada Tuhan (ay. 13-19).Allah melihat umat manusia secara menyeluruh.Allah menciptakan hati kita, dan Dia memahami semua yang kita lakukan.Dia pun memiliki kuasa untuk ikut campur tangan di dalam hidup kita dan melepaskan kita dari keadaan-keadaan yang berjalan di luar kendali kita. Kisah Rasul juga menegaskan bahwa Allah adalah Mahabenar dan Mahakaya. Karena itu Ia sebenarnya tidak membutuhkan pertolongan atau bantuan manusia dalam bentuk apapun. Jika Ia mau menerima apa yang kita perbuat dan persembahkan, baik itu berupa materi ataupun tenaga dan usaha, itu karena Ia ingin memberikan kesempatan bagi manusia untuk mempunyai hubungan yang erat denganNya.

Hidup kita diciptakan untuk berpusat kepada Allah, bukan pada diri kita sendiri. Alangkah bersyukurnya kita karena bisa melayani Allah yang sedemikian Mahakuasa dan yang memegang kendali atas setiap aspek hidup kita. Jadikanlah Tuhan pusat hidup kita, maka segala hal yang Tuhan ciptakan yang kesemuanya itu menjadi ornamen-ornamen hidup akan diperlengkapi dalam hidup kita. Rejeki, pekerjaan, sekolah, jodoh dan semuanya akan ditambahkanNya. (GAKLIE)

Bacaan Alkitab: 2 Tesalonika 3: 1-5; Yohanes 12: 34-36

Doa: Ya Tuhan, ajarlah kami tunduk padaMu sebagaimana seharusnya. Sehingga pusat hidup kami adalah Tuhan sendiri.Kami dijauhkan dari jerat di jahat yang membuat kami terjerat. Amin.