Hiduplah Bijaksana (21 Nov 2021)

Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati. Amsal 21: 2
21 November 2021

Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati. Amsal 21: 2

Supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat. Roma 16 : 19

Hidup bijaksana sering kali menjadi cita-cita dan harapan banyak orang, tetapi untuk merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari tidaklah mudah. Terkadang seiring bertambahnya usia seseorang juga berharap akan bertambah bijaksana, tetapi nyatanya kebijaksanakan tidaklah ditentukan oleh usia. Dalam KBBI, bijaksana berarti pandai dan hati-hati serta selalu menggunakan akal budi. Selain itu, bijaksana juga merupakan sikap yang tepat dalam menyikapi segala keadaan, sehingga memancarlah keadilan dan kebersihan hati.

Kebijaksanaan tidak bisa sepenuhnya kita usahakan sendiri, karena itu kita harus memintanya dari Tuhan. Salomo memohon kebijaksanaan dari Allah, dan Allah mengaruniakan hikmat dan pengertian yang amat besar serta akal yang luas kepadanya sehingga ia ada seperti yang kita kenal sekarang. Dalam masanya, Salomo dikenal sebagai orang bijaksana, yang hikmatnya tersiar sampai ke ujung bumi. Seiring dengan itu, Salomo juga selalu mendasari kehidupan dan segala pemikirannya dengan sikap hati yang takut akan Tuhan. Salah satu hikmat Salomo yang kita terima hari ini mengingatkan supaya kita tidak mengandalkan jalan pikiran kita sendiri. Mengapa demikian? Sebab sering kali kita merasa bahwa jalan hidup kita sudah lurus dan benar, padahal belum tentu demikian juga dalam pandangan Allah. Karena itu, setiap jalan hidup kita harus diuji agar sesuai dengan kehendak dan kebenaran Allah.

Di bagian akhir suratnya, Paulus juga memberi peringatan kepada jemaat di Roma supaya mereka selalu waspada terhadap segala sesuatu, terutama orang-orang yang menentang ajaran Kristus. Memang selama ini jemaat telah hidup benar, taat, dan setia kepada Kristus, tetapi merekapun harus tetap waspada dan terus berusaha hidup bijaksana, menjauhi segala kejahatan dan menguji sikap hidup mereka agar sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Demikian juga kita sebagai pengikut Kristus yang pastinya menghadapi banyak tantangan dunia. Mintalah hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan, agar jalan hidup kita tidak hanya lurus dalam pandangan kita, tetapi juga berkenan bagi Allah. Ingatlah bahwa hari-hari Tuhan semakin mendekat dan kita tidak boleh lengah. Supaya ketika Tuhan Yesus datang kembali Ia mendapati kita setia dan hidup tak bercela. (A3P)

Bacaan Alkitab: Matius 25: 1-13; Wahyu 21: 1-7; Mazmur 103

Doa: Ya Tuhan Allah, berilah kami hikmat kebijaksanaan dan hati yang lurus agar setiap pikiran, perkataan, dan perbuatan kami sejalan dengan kehendakMu. Amin