Hidup Baru (24 Nov 2021)

Janganlah di antaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh. Ulangan 29: 18
24 November 2021

Janganlah di antaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh. Ulangan 29: 18

Paulus menulis: Semoga Tuhan membuat kalian semakin mengasihi satu sama lain dan semakin mengasihi semua orang, sama seperti kasih kami kepadamu. 1 Tesalonika 3: 12 (BIS)

Hidup baru tidak hanya kita terima setelah kematian atau ketika kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, tetapi harus juga dialami selama kita masih hidup di dunia ini. Tuhan mengendaki hidup kita berkenan di hadapanNya dengan melakukan segala perintahNya. Jika sekali waktu kita menyadari telah menyimpang dari ketetapanNya, maka kita harus segera bertobat dan memperbaharui kehidupan kita.

Allah kembali mengikat perjanjian dengan umat Israel di tanah Moab sebagai bentuk pembaharuan perjanjian sebelumnya di Gunung Horeb. Setelah semua angkatan pemberontak habis mati di padang gurun, Allah memulai kembali perjanjian yang baru dengan umat Isrel. Isinya masih mengangkat tema yang sama, yaitu ‘berkat Allah untuk ketaatan umat, dan kutuk untuk mereka yang tidak taat’. Tentulah kita pernah mengikat perjanjian dengan seseorang, dimana di dalamnya dituntut kesetiaan dan kerelaan untuk berpegang serta melakukan sesuai isi perjanjian tersebut. Allah memperingatkan umat Israel agar mereka sungguh sungguh mengasihiNya dan tidak ada dari mereka yang berpaling meninggalkan Allah demi berbakti pada ilah lain. Tuhan mengingatkan umat agar jangan sampai penyembahan berhala berakar diantara mereka sehingga membuat mereka nantinya akan menuai hasil yang pahit dan beracun.

Memang tantangan untuk hidup taat dan setia kepada Tuhan akan selalu ada. Karena itu, Paulus berdoa bagi jemaat di Tesalonika supaya jemaat melimpah dengan kasih kepada sesama dan juga kepada Allah. Paulus juga memohon agar Tuhan menguatkan hati mereka untuk hidup kudus dan tak bercacat di hadapan Allah. Mari kita juga memperbaharui hidup kita dengan selalu berusaha untuk setia menyembah hanya kepada Allah, mengasihi sesama, dan memelihara kekudusan hidup. (A3P)

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 3: 9–15; 2 Tesalonika 1: 1–12

Doa: Ya Allah, berilah kami hati yang setia untuk menyembah hanya kepadaMu, supaya kami hidup dalam berkat-berkatMu. Baharuilah hidup kami seturut dengan kehendakMu. Amin