Hidup Ada di Tangan Tuhan (30 Nov 2021)

Masa hidupku ada dalam tangan-Mu. Mazmur 31: 15
30 November 2021

Masa hidupku ada dalam tangan-Mu. Mazmur 31: 15

Siapakah di antara kalian yang dengan kekhawatirannya dapat memperpanjang umurnya biarpun sedikit? Lukas 12: 25 (BIS)

Pandemi covid-19 dengan varian virus yang semakin ganas membuat kita terkaget-kaget. Kaget karena mendengar orang-orang mudah yang secara fisik sehat dan kuat akhirnya meninggal karena terpapar virus corona-19 ini. Mereka yang melakukan prokes dengan sangat ketat pun meninggal juga karena covid. Kaget karena melihat mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, sesak nafas, tapi bisa sembuh dari terpapar virus corona-19. Pandemi ini kembali mengingatkan kita, bahwa hidup dan mati manusia ada di dalam kuasa tangan Tuhan.

Seperti kesaksian yang disampaikan oleh pemazmur, bahwa hidupnya sebagai manusia ada di dalam tangan Tuhan. Dalam masa pandemi ini bagian kita sebagai manusia adalah menjaga kesehatan, menjalankan prokes berdoa dan sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa perlindungan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Penting untuk menjaga agar jiwa kita tidak menjadi takut berlebihan, khawatir berlebihan, karena itu justru melemahkan imun kita. Tuhan Yesus berkata: Siapakah di antara kalian yang dengan kekhawatirannya dapat memperpanjang umurnya biarpun sedikit?

Serahkanlah hari ini dan hari ke depan ke dalam pimpinan Tuhan, mari kita lakukan dengan baik apa yang menjadi bagian kita. Seperti kita menjaga imun tetap kuat, kita juga harus menjaga agar iman tetap kuat di dalam Tuhan Yesus yang berkuasa penuh atas hidup kita. Hidup dan mati kita ada dalam ketentuanNya. (DS)

Bacaan Alkitab: Ibrani 10: 32–39; Zakharia 1: 7–17

Doa: Jika hidup dan mati kami ada di dalam ketentuanMu, Ya Tuhan, maka tolonglah kami untuk tidak takut dan khawatir berlebihan tentang hidup kami.Amin