Habis Gelap Terbitlah Terang (21 Feb 2022)

Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas. Yesaya 53:11
21 February 2022

Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas. Yesaya 53:11

Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anakanak janji. Galatia 4: 28

Saya mengambil judul renungan hari ini sama seperti judul buku yang menulis tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memulai emansipasi wanita kala itu. Namun, isi renungan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan buku tersebut ataupun kisah emansipasi perempuan. Dari judul renungan ini, saya hendak mengajak kita sebagai orang percaya untuk memahami dimana posisi kita sekarang dan bagaimana kehidupan orang percaya setelah mengenal Kristus. Kita tidak lagi hidup dalam kegelapan dosa, tetapi telah hidup dalam terang Kristus.

Nabi Yesaya menuliskan tentang seorang hamba yang setia, yang di awal mengalami banyak penderitaan tetapi pada akhirnya ia dimuliakan. Ia adalah seorang hamba yang benar, yang memukul kalah setiap kejahatan, dan pada akhirnya ia akan membenarkan banyak orang karena hikmatnya. Hamba yang dimaksud disini adalah Mesias yang akan datang. Mesias yang kita yakini sebagai Yesus Kristus datang ke dunia untuk mengalahkan segala kuasa kegelapan dan dosa, lalu membawa terang bagi dunia. Terang itulah yang mengubahkan kehidupan manusia, sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya menerima keselamatan kekal. Paulus mengatakan bahwa kamu (orang percaya) telah dipenuhi di dalam Kristus, ini berarti bahwa kita telah diberi hidup sepenuhnya, yakni kehidupan yang kekal, oleh karena Kristus. Kita telah dimerdekakan dari kutuk dosa dan kini hidup di dalam terang kasih karuniaNya.

Lalu, sebagai anak-anak terang, apa yang harus kita lakukan? Tetaplah hidup di dalam Kristus, berakar teguh dalam iman percaya kepadaNya, dan jangan kembali lagi pada kegelapan. Kegelapan adalah bagian masa lalu, dan masa depan kita adalah terang Kristus. Berhati-hatilah terhadap setiap pengajaran dan waspadalah terhadap berbagai pencobaan. Mungkin kita akan mengalami berbagai penderitaan karena mengikut Kristus, tetapi ingatlah bahwa Kristus juga menderita lebih dulu tetapi Ia telah menang. Ia juga yang akan memenangkan kita dari belenggu dosa dan berbagai belenggu persoalan dunia. Karena itu, jangan takut, sebab kita punya Tuhan yang adalah kepala dari semua pemerintah dan penguasa. (A3P)

Bacaan Alkitab: Ulangan 32: 44-47; Efesus 4: 17-24

Doa: Ya Kristus, di dalam terangMu kini kami berada. Kiranya hati dan kehidupan kami selalu diterangi oleh RohMu, sehingga terpancar cahaya kasih dan kemuliaan Kristus setiap hari dalam kehidupan kami. Amin