Gembala Di Hidupku (1 Des 2021)

Berkatalah Musa kepada-Nya (Allah): Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini”. Keluaran 33: 15
1 December 2021

Berkatalah Musa kepada-Nya (Allah): Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini”. Keluaran 33: 15

Gembala (yang baik) itu berjalan di depan, dan domba-domba itu mengikuti dia sebab mereka mengenal suaranya. Yohanes 10: 4 (BIS)

Ketika kita akan melakukan suatu perjalanan, tentu kita harus memastikan perjalanan yang akan kita tempuh akan aman dan nyaman. Mengapa hal itu perlu dilakukan? Ya, karena itu akan menjadi suatu jaminan bagi keselamatan kita dalam menempuh perjalanan. Nah, dalam bacaan pertama pada hari ini kita juga melihat bagaimana Musa berusaha memastikan bahwa Allah akan membimbing perjalanan mereka. Musa secara tidak langsung ingin menyampaikan bahwa perjalanan Bangsa Israel tidak akan berhasil jika Allah tidak membimbing mereka. Karena itu Musa memberi statement penting, “jika Engkau tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini”.

Sedangkan, bila kita melihat pada bacaan kedua dari kitab Yohanes 10:4, Yohanes ingin menegaskan makna seorang Gembala yang sejati dimana secara tersirat juga ingin menyampaikan bahwa, Gembala yang baik itu berjalan di depan. Menjadi pembuka jalan, menentukan arah, memastikan jalur aman, dan memberikan akses yang terbaik. Karena itulah disebut sebagai Gembala yang baik. Oleh karena kebaikannya juga, semua domba akan mengenal Gembala mereka.

Lewat dua bacaan firman hari ini kita akan belajar 3 pesan firman Tuhan sebagai berikut ;

Pertama, Yakin tanpa Tuhan kita tidak mampu. Mungkin secara manusia kita adalah termasuk orang yang memiliki tubuh yang kuat, karakter yang kuat, pekerja keras yang ulet, atau kehebatan lainnya. Mari melihat apa kekurangan seorang Raja bernama Firaun? Ia kuat, punya kuasa dan wewenang, diakui sebagai raja yang hebat, tetapi ia justru tidak mengakui Allah dan pada akhirnya binasa oleh kuasa Allah. Jadi, jangan pernah lupa memohon pernyertaan Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan.

Kedua, Allah adalah Gembala yang baik. Namun yang menjadi pertanyaan untuk kita sekalian adalah, apakah kita benar-benar telah mengenal Gembala kita itu? Bagaimana kita akan menemukan jalan yang benar, jalur yang aman, bahkan tiba dengan selamat sampai tujuan bila kita selama ini bahkan tidak mengenal siapa Gembala kita sebenarnya? Karena itu, mari mengenal lebih dalam (intim) siapa Gembala kita itu!

Ketiga, sadar bahwa Ia yang datang adalah Raja yang adil dan jaya. Dalam masa advent ini kita diajak untuk menghayati kedatangan Raja yang adil dan jaya, meskipun dalam menghadapi tantangan seperti penyakit, permasalahan, dan sebagainya. Tuhan yang adil pasti akan memberikan kita jalan keluar sesuai dengan keadilanNya, dan akan mengangkat kita bersama dengan dengan kejayaanNya, karena Dialah Gembala hidup kita. Amin. (PAS)

Bacaan Alkitab: Kolose 1: 9–14; Zakharia 2: 1–9

Doa: Ya Tuhan, terimakasih atas segala penyertaan, bimbingan dan kasih yang selalu Engkau nyatakan di dalam hidup kami. Selanjutnya, kami hanya rindu mengenalMu, karena Engkaulah Gembala hidup kami sampai selama-lamanya. Amin!