Dengar dan Lakukan (2 Maret 2022)

Jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu: Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. Ulangan 28: 2-3
2 March 2022

Jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu: Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. Ulangan 28: 2-3

Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya. Lukas 11: 28

Semua orang pada umumnya pasti mau memperoleh dan menikmati berkat dari Tuhan. Misalnya berkat dalam kebutuhan sehari-hari, kesehatan, pekerjaan, usaha dan lain sebagainya. Kita terus-menerus meminta berkat dari Tuhan, walaupun hal itu tidak salah. Namun persoalannya adalah kita tidak mengerti bagaimana kita mendapat berkat itu. Bangsa Israel ketika Tuhan memilih mereka menjadi umatNya, maka Tuhan memberikan dan menyampaikan segala perintah, peraturan dan ketetapanNya untuk mereka patuhi dan setia untuk melakukannya. Sehingga mereka berlaku benar dan kudus di hadapan Tuhan dan senantiasa menyenangkan hati Tuhan.

Bangsa Israel adalah umat pilihan Tuhan, namun seringkali mereka mengabaikan, tidak patuh dan tidak setia melakukan apa yang Tuhan kehendaki. Karena sebenarnya, ketika mereka taat dan setia mendengar suara Tuhan di dalam perintah, ketetapan dan peraturanNya, maka mereka akan memperoleh berkat dari Tuhan. Segala berkat akan tercurah dan berlimpah senantiasa dalam kehidupan mereka, berupa berkat jasmani dan juga berkat rohani yaitu keselamatan kekal: umat yang kudus (Ulangan 28:2-11).

Demikian juga dalam bacaan yang kedua bahwa, yang mendengar dan melakukan firman Tuhan (perintah, peraturan dan ketetapanNya), mereka disebut berbahagia. Tuhan Yesus berkata “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.” Berkat kebahagiaan baik jasmani dan rohani terus menyertai kehidupan orang yang setia. Ketika orang Israel bahkan termasuk kita saat ini, seringkali tidak patuh dan setia mendengar dan melakukan firman Tuhan, maka minta pertolongan Roh Kudus Tuhan. Karena kita tidak dapat berbuat apa-apa tanpa pertolongan Tuhan.

Tuhan Yesus telah menjadi teladan bagi kita, ketika Ia datang di dunia ini. Ia selalu taat dan setia mendengar dan melakukan perintah Bapa kepadaNya. Kesetiaan dan kepatuhanNya, ialah ketika Ia rela mengorbankan diriNya menderita, mati di atas kayu salib, bangkit dan naik ke sorga, untuk mendamaikan kita di hadapan Allah. Maka bersyukurlah dengan selalu mendengar dan melakukan apa yang Tuhan Yesus kehendaki dalam hidup kita, maka kita disebut anak-anak yang dikasihiNya yang penuh dengan bekat kebahagiaan kekal. Marilah kita senantiasa dan selalu mendengar dan melakukan firman Tuhan, maka alami kebahagiaan dalam berkat Tuhan. (SH)

Bacaan Alkitab: Matius 6: 16-21; Yohanes 11: 1-10

Doa: Tolonglah dan mampukan kami ya Tuhan, untuk patuh dan setia mendengar dan melakukan firmanMu. Kiranya berkat Tuhan cukup bahkan melimpah di dalam kehidupan kami. Amin.