Carilah Tuhan! (16 Jan 2022)

Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! Mazmur 105: 4
16 January 2022

Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! Mazmur 105: 4

Setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Lukas 11:10

Pernahkah kita berpikir, “Apa sumber kekuatan terbesar kita?” Beberapa orang berpikir bahwa sumber kekuatan terbesar adalah harta atau kekayaan. Beberapa orang lagi beranggapan bahwa jabatan adalah kekuatan terbesar manusia, sehingga bisa dengan mudah mendapatkan sesuatu. Namun ternyata pemikiran-pemikiran itu keliru, karena hal-hal tersebut sifatnya hanya sementara di dunia. Dalam artian tidak dapat memberikan kekuatan secara kekal ketika manusia membutuhkan.

Sebagai makhluk yang lemah kita membutuhkan kekuatan yang kekal. Bersyukurlah bagi setiap orang yang percaya bahwa sesungguhnya mereka memiliki kekuatan diluar diri yang tidak berwujud fisik, namun kekal sifatnya, yaitu Tuhan. Oleh karena itu, tidak heran jika dalam kutipan ayat Alkitab hari ini, Pemazmur mengajak umat untuk mengingat dan mensyukuri perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib dalam kehidupan mereka. Pemazmur mengajak umat untuk senantiasa mencari Tuhan, sehingga kekuatan dari padaNya dapat terus dirasakan. Tuhan Yesus dalam salah satu perumpamaanNya juga menyatakan hal yang sama, yaitu ketika manusia mau datang untuk mencari Tuhan, bahkan meminta dan mengetok pintuNya, maka segala sesuatu akan diberikan bagi dia. Jadi, ketika manusia memerlukan kekuatan untuk menghadapi dunia, maka carilah Tuhan, mintalah pertolonganNya, maka Dia sendiri yang akan memampukan dan memberi kita kekuatan untuk menghadapi tantangan dunia.

Saat ini umat manusia sedang dihadapkan dengan tantangan dan pergumulan yang sama. Kurang lebih 2 tahun berlalu dan pandemi Covid-19 masih menghantui kehidupan manusia. Pandemi ini sangat berdampak bagi kehidupan manusia, tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga ekonomi, pendidikan, relasi sosial dan sebagainya. Jujur saja, kita pasti pernah ada di titik terendah kehidupan dan merasa tidak mampu melalui semua ini. Kedua Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk senantiasa mencari Tuhan. Tuhanlah satu-satunya sumber kekuatan kita. Ketika kita mencari Dia, memohon pertolonganNya, maka dengan kasihNya kita dimampukan untuk teguh dan kuat dalam menghadapi tantangan dunia saat ini. Satu hal yang pasti kekuatan yang berasal dari Tuhan tidak akan pernah habis dimakan zaman, serta tidak akan pernah lekang oleh waktu, karena kasih dan pertolonganNya kekal selamanya. (AEPTB)

Bacaan Alkitab: Yohanes 2: 1-11; Keluaran 33: 18-23; Mazmur 143

Doa: Engkaulah sumber kekuatan kami yang kekal, ya Tuhan. Ketika kami mencari dan meminta kepadaMu, maka Engkau akan memberikan apa yang kami perlukan. Amin.