Berdoalah Ketika Dalam Pencobaan (4 Maret 2022)

Kepada-Mulah, ya ALLAH, Tuhanku, mataku tertuju; pada-Mulah aku berlindung, jangan campakkan aku! Mazmur 141.8
4 March 2022

Kepada-Mulah, ya ALLAH, Tuhanku, mataku tertuju; pada-Mulah aku berlindung, jangan campakkan aku! Mazmur 141.8

Yesus berkata: Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Yohanes 14:19

Pernahkan kita menghadapi pencobaan? Pencobaan dapat datang dari mana, di mana dan kapan saja. Pencobaan-pencobaan yang ada datangnya dari si iblis. Tatkala kita melihat dan mendengar terdapat orang-orang di luar sana ketika menghadapi pencobaan dan masalah, mereka dengan mudahnya frustasi dan menyerah. Daud menghadapi pencobaan dari orang-orang sekitarnya. Namun, Daud ketika ia menghadapi pencobaan, ia tidak pernah menyerah. Justru, ia memohon kepada Tuhan supaya seluruh hidupnya tertuju dan condong kepdapa Tuhan saja. Tuhan-lah satu-satunya penuntun jalan hidupnya dan pengharapannya. Daud tidak datang, berseru dan meminta tolong kepada yang lain. Daud hanya berseru dan berserah dalam doanya kepada ALLAH, Tuhannya. Sehingga nyata dan sempurna bahwa Tuhan Allah adalah tempat perlindungan yang memberikan kehidupan dan keselamatan dari pencobaan yang ia hadapi.

Apakah selama ini, ketika kita menghadapi pencobaan kita menyerah? Ada banyak contoh di dalam Alkitab yang mengalami pencobaan. Contohnya, Ayub ketika menghadapi pencobaan, ia tidak pernah menyerah. Justru ia semakin kuat dalam iman percayanya kepada TUHAN Allah. Bahkan Tuhan Yesus pernah juga menghadapi pencobaan dari si iblis, di padang gurun. Tuhan Yesus telah mengalahkan iblis.

Dalam bacaan yang kedua, yaitu sebelum Tuhan Yesus tiba pada waktuNya Ia ditangkap, menderita, disalibkan, mati, bangkit dan naik ke surga, Ia menjanjikan dan meminta kepada Bapa memberikan Roh Kudus untuk menghibur dan menolong muridmuridNya. Sehingga para murid tidak perlu takut dan sedih. Karena Tuhan Yesus hidup yang juga memberikan hidup kepada para muridNya. demikian juga kepada kita umatNya saat ini. Situasi dan kondisi saat ini, penuh dengan pencobaan, tantangan hidup. Kita sebagai pengikut Tuhan Yesus, mungkin ada banyak pencobaan dan tantangan hidup yang kita alami. Maka, apakah kita siap menghadapi itu semua? Harus siap. Para tokoh Alkitab menjadi teladan bagi kita dan terlebih Tuhan Yesus menjadi teladan yang sempurna bagi kita, anak-anakNya. Jadilah pribadi yang berseru dan berdoa kepada Tuhan ketika menghadapi pencobaan bahkan dalam situasi apapun. Dalam peringatan hari doa sedunia hari ini, marilah kita selalu berdoa untuk dunia, Indonesia, pulau Bali dan secara khusus untuk GKPB, kiranya tetap dalam pemeliharaanNya. Kiranya Roh Tuhan akan menolong dan memampukan ketika kita berdoa kepadaNya. (SH)

Bacaan Alkitab: Ezra 9: 5-9, 13-15; Yohanes 11: 20-27

Doa: Tolong kami ya Tuhan, kuatkan dan teguhkan iman kami supaya dapat melewati pencobaan dan tantangan yang kami alami dalam hidup ini. Ajarlah kami untuk selalu berdoa dan mengingat Engkau. Amin.