Anak-Anak Perjanjian (20 Feb 2022)

Tuhan berfirman kepada Ishak: Oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat. Kejadian 26: 4
20 February 2022

Tuhan berfirman kepada Ishak: Oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat. Kejadian 26: 4

Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anakanak janji. Galatia 4: 28

Sadarkah saudara bahwa sebagai pengikut Kristus, saudara adalah anak-anak perjanjian? Sebagai anak-anak janji kita menerima perjanjian berkat dan keselamatan kekal melalui iman kepada Kristus, dimana nantinya kita juga akan menjadi pewaris kerajaan Allah. Karena itu kita harus memahami dan menjalani kehidupan selayaknya anak-anak janji yang mewarisi karakter ilahi.

Allah menampakkan diri kepada Ishak dan menyalurkan kepadanya janji-janji yang pernah diberikanNya kepada Abraham, ayahnya. Sebelumnya, Allah berjanji kepada Abraham bahwa Dia akan memberkatinya dengan berlimpah-limpah, keturunannya akan sangat banyak, dan oleh keturunannya itu semua bangsa akan menerima berkat (Kej 22:17-18). Dengan adanya ikatan perjanjian ini, Ishak sebagai keturunan sah dari Abraham harus belajar hidup dengan janji-janji Allah dan setia kepadaNya sebagaimana ayahnya hidup. Bagian yang penting dari ikatan janji ini adalah hubungan pribadi dengan Allah dan kepercayaan penuh hanya kepadaNya.

Paulus juga mengingatkan jemaat di Galatia bahwa status mereka setelah menjadi pengikut Kristus adalah anak-anak janji, sama seperti Ishak. Karena iman kepada Kristus mereka telah dimerdekakan dari kutuk dosa, dan tidak lagi hidup dalam kuk perhambaan hukum taurat. Paulus menyebut Ishak sebagai anak janji, karena memang Allah sendiri yang menjanjikan keturunan bagi Abraham melalui Sara. Sekalipun dalam kemustahilan oleh karena usia yang telah lanjut, nyatanya Sara melahirkan Ishak di usia tuanya. Allah menepati janjiNya dan memberi Ishak sebagai anak perjanjian kepada Abraham. Ishak hadir bukan karena kekuatan manusia, tetapi karena janji Allah.

Demikianlah juga halnya dengan setiap orang yang percaya kepada Kristus, sesungguhnya adalah anak-anak perjanjian. Kita juga menerima janji-janji berkat dan keselamatan kekal, bukan karena kemampuan kita tetapi semata-mata karena anugerah Allah melalui Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu, mari kita hidup sebagai anak-anak janji yang memiliki hubungan pribadi yang akrab dengan Allah, keyakinan iman yang teguh dan setia hanya kepada Kristus, serta bersedia menjadi berkat bagi banyak orang. (A3P)

Bacaan Alkitab: Lukas 8: 4-8 (9-15); Yesaya 55: (6-7) 8-12a; Mazmur 99

Doa: Ya Allah, terima kasih karena Engkau berkenan memilih kami menjadi anakanak perjanjian serta mewarisi janji berkat dan keselamatan kekal. Ajarlah kami untuk tetap berpegang pada janji-janjiMu. Amin