Allah Memperkenalkan Diri (26 Jan 2022)

Tunjukkanlah karya-Mu kepada kami hamba-hamba-Mu, dan kuasaMu yang semarak kepada keturunan kami. Mazmur 90: 16 (BIS)
26 January 2022

Tunjukkanlah karya-Mu kepada kami hamba-hamba-Mu, dan kuasaMu yang semarak kepada keturunan kami. Mazmur 90: 16 (BIS)

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes 1: 14

Apa yang kita lakukan untuk mengenal Tuhan dan seluruh karya-Nya?Sejujurnya pengenalan yang sempurna akan Tuhan mustahil dilakukan manusia. Pengetahuan dan budi manusia dipenuhi keterbatasan sehingga tidak segala sesuatu dapat dipahaminya, termasuk juga karya kasih Allah. Seperti lagu dalam NKB 17 yang mengatakan bahwa kasih Allah begitu agung, bahkan bila tiap orang diberi kesempatan untuk menuliskan cerita kasih Allah di atas langit bertintakan air lautan sekalipun tidak akan cukup melukiskan misteri kasih Allah itu.Bagaimana tidak pemazmur merenungkan kehidupan manusia ini seperti debu yang kecil dan tidak berarti, seperti mimpi dan rumput yang bertumbuh diwaktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang kisut dan layu. Masa hidup manusia sangat terbatas, karena itu pemazmur memohon agar di tengah masa hidup yang singkat dan terbatas ini Allah menunjukkan karya-Nya.

Karya itu menjadi nyata dilihat dan dirasa manusia lewat kehadiran Sang Firman yang menjadi manusia. Melalui Sang Firman misteri kasih Allah kini sedikit dapat dipahami oleh pengetahuan dan budi manusia.Allah hadir dan berkarya di tengah manusia sebagai bentuk kasih-Nya bagi manusia yang hidupnya singkat dan terbatas. Atas karya kasih itu maka orang percaya diajak menyadari tanggungjawab iman untuk memancarkan kemuliaan Allah dalam hidup setiap hari.

Kemuliaan Allah akan nampak bila kita hidup dalam kasih dengan sesama seperti Allah sudah lebih dulu menunjukkan kasih-Nya bagi kita. Sebaliknya, bila kita hidup serampangan dan mengambil posisi memusuhi sesama, rasanya itu justru menodai kemuliaan Allah. Allah telah memperknalkan diri dan seluruh karya-Nya melalui kehadiran Tuhan Yesus, kiranya kita dimampukan menunjukkan kemuliaan Allah lewat perkataan dan perbuatan setiap hari. (JVS)

Bacaan Alkitab: Rut 4: 7-12; Yosua 9: 1-27

Doa: Kiranya Bapa membantu kami merasakan kasih-Mu sehingga kamipun mampu menyatakan kemuliaan-Mu bagi sesama. Amin