Allah Mahatahu (26 Nov 2021)

Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang? Mazmur 94 : 9
26 November 2021

Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang? Mazmur 94 : 9

Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Matius 6: 8/strong>

Salah satu hakekat Allah yang kita ketahui bahwa Dia adalah Allah yang Mahatahu. Sekalipun demikian, kita masih suka menipu Tuhan dengan berbagai perbuatan yang jahat, kebohongan, berpura-pura baik, kemunafikan, dan berbagai tindakan ‘bersembunyi’ dari Tuhan. Tidakkah Tuhan juga mengetahui kedalaman hati manusia dan semua yang dilakukannya sehingga tidak ada satu halpun yang bisa kita sembunyikan dariNya?

Pemazmur melihat Allah sebagai pembela keadilan yang mengetahui segala sesuatu yang diperbuat manusia. Dia akan menghukum dan membinasakan segala bentuk kejahatan. Telinga Allah sangat tajam untuk mendengar keluhan dan doa umat yang mengalami ketidakadilan atau penindasan. MataNya selalu mengawasi apa yang dilakukan oleh manusia, baik ataupun jahat, sehingga tidak ada satupun yang terlewat dari pandanganNya dan tidak diketahuiNya. Karena itu umat diajak untuk memerangi segala bentuk kejahatan dan ketidakadilan dengan cara berdoa kepada Allah untuk memohon agar Allah bertindak dan menolong.

Berbicara tentang doa, Tuhan Yesus juga mengajarkan pengikutNya untuk berdoa. Sikap doa yang benar bukanlah sikap secara fisik, tetapi sikap hati yang tulus dan jujur, jauh dari kemunafikan dan kepura-puraan, tidak untuk mencari simpati orang lain tetapi merupakan komunikasi pribadi dengan Tuhan. Mengapa kita harus berdoa padahal Allah Mahatahu? Allah juga ingin melihat kesungguhan hati kita dalam mengandalkan Dia dan iman serta pegharapan kita akan pertolonganNya. Kiranya kita tetap setia menjauhkan diri dari segala bentuk kejahatan dan ketidakadilan sambil tetap berdoa memohon pertolongan Tuhan. (A3P)

Bacaan Alkitab: 1 Petrus 1: 13-21; 1 Tesalonika 5: 12–28

Doa: Tuhan Yesus, kuatkanlah kami dalam menjalani berbagai pergumulan hidup.
Jangan biarkan kami takut, sebab Engkau senantiasa menyertai kami. Amin